HBS singkatan dari Home Based System yang merupakan rumah basis bagi pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik yang bermuara dari kelompok dengan identitas tertentu. HBS menjadi wadah pengembangan kodrat individu sebagai mahkluk pribadi sekaligus sebagai mahkluk sosial. Setiap aktifitas peserta didik berpengaruh pada pertumbuhan  kelompoknya, sehingga baik buruknya kelompok bergantung bagaimana kesatuan kelompok itu dibangun, dipertahankan dan dikembangkan sesuai visi misi sekolah.  HBS cocok untuk tingkat SMP karena usia siswa yang sedang mencari jati diri dan penuh dinamika gejolak perilaku.

HBS SMP – Arsip Sekolah Notre Dame

Tujuan HBS itu sendiri adalah Membentuk karakter peserta didik melalui kelompok sebagai rumah basis dan Mewujudkan visi misi sekolah. Pembentukan kelompok HBS di SMP Notre Dame yaitu Setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang, dengan dipimpin oleh seorang leader, Kelompok siswa dibentuk dengan maksud supaya siswa telah memiliki interaksi sosial yang nyaman karena memilik teman dekat yang menjadi satu kelompok basis, setiap kelompok dibimbing oleh 1 guru pendamping, guru pendamping bisa merangkap kelompok lain disesuaikan kondisi kelas,setiap kelompok memilih nama, logo, dan bendera sendiri  sebagai simbol rumah basis, setiap kelompok berlomba mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Nama Kelompok HBS putri yaitu Lily, Sakura, Mawar, Edelweis, Bunga Matgahari, Dahlia, Kembang Sepatu. Sedangkan Nama Kelompok HBS putra yaitu Srigala, Kuda, Rajawali, Laba-laba, Lebah, Elang, Hiu, Rusa, Merpati.

HBS SMP – Arsip Sekolah Notre Dame

Sistem poin yang dimaksud adalah sistem poin penghargaan dan pelanggaran mengikuti tata tertib yang telah ada. Setiap ada penambahan atau pengurangan nilai akan ditulis pada hasil poin  yaitu rumah poin (TV Sekolah) yang dikelola sekolah. Kelompok yang mengumpulkan nilai tertinggi  mendapatkan reward tertentu.

HBS SMP – Arsip Sekolah Notre Dame

Reward Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 diraih oleh Kelompok Bunga Sepatu yang merupakan kelompok teladan dalam HBS putri dan Kelompok Elang yang merupakan kelompok teladan dalam HBS putra. Kelompok Bunga Sepatu adalah Patricia T. (8A), Devina A.M. (8A), Michele Angela (8A), Mikekayla Gabriella (8A), Wangsa Syailendra P.T.H. (8A), dan Audrey C.H. (8C). Kelompok Elang adalah Manuel M(8A), Evan D. (8A), Louis O. (8A), Raphael R. (8A), Gerald F. (8D), Juan F.T. (8D). Selamat Kepada Kelompok HBS teladan semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, Semoga semakin solid dan dapat mengembangkan karakter dalam diri. Tuhan memberkati.

( Oleh: Veronica Fanny Wijayanti, S.Pd. – Wakil Kesiswaan SMP Notre Dame  – 2020)

Bagikan Halaman Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •