Hallo semua, kami ingin bercerita sedikit tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru SD Notre Dame Grand Wisata tahun ajaran 2019/2020. Tahun ini Notre Dame Grand Wisata mengadakan MOPD selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 8 s/d 10 Juli 2019 . Jumlah siswa/i pada tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. MOPD ini diikuti oleh 142 siswa/i yang terdiri dari 43 siswa kelas satu, 66 siswa kelas dua, 21 siswa kelas tiga dan 12 siswa kelas empat.

Suasana upacara Pembukaan MOPD 2019/2020 – Arsip Sekolah Notre Dame

Kegiatan MOPD yang berlangsung selama tiga hari ini dimulai pukul 07.00 s/d pukul 10.00 WIB. Hari pertama kegiatan MOPD di mulai dengan berbaris di lapangan untuk melakukan doa bersama dan ice breaking. Ice breaking yang dilakukan mengajak siswa untuk melakukan beberapa ragam tepuk untuk mencairkan suasana agar siswa lebih bersemangat. Salah satu ice breaking yang dilakukan adalah tepuk semangat. Setelah melakukan ice breaking kami bersiap untuk memulai upacara bendera bersama dengan siswa/i TK Notre Dame Grand Wisata. Setelah upacara diadakan perkenalan guru TK – SD dan para staf sekolah. Seluruh siswa mengikuti rangkaian  upacara dengan tertib dan hikmat. Setelah upacara siswa/i beristirahat untuk makan siang. Siswa/siswi kelas satu sampai empat makan bersama di kelas didampingi oleh wali kelas masing-masing. Setelah makan, kami berkumpul kembali dilapangan persiapan untuk pulang diselingi dengan ice breaking.

Di hari kedua MOPD kami memulai kegiatan dengan melaksanakan Apel pagi bersama dilapangan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking. Kegiatan ice breaking yang dilakukan yaitu mengikuti instruksi dari guru. Guru yang memberikan instruksi akan berkata, “Yesus berkata, lompat!”, maka seluruh siswa harus melompat. Instruksi yang diberikan kemudian diganti dan berbeda-beda sehingga menambah konsentrasi siswa/i untuk mendengarkan instruksi yang harus dijalankan. Siswa/i tampak semangat dan antusias mengikuti ice breaking yang diberikan.

Kegiatan selanjutnya yaitu berkeliling kebun sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan sekitar sekolah Notre Dame Grand Wisata. Pagi itu suasana  yang sejuk mengiringi kegembiraan siswa berkeliling kebun. Mereka merasa gembira mengenal tanaman-tanaman yang ada di kebun sekolah dan hewan-hewan yang dipelihara oleh para suster di sekolah  Notre Dame Grand Wisata. Tidak lupa kami berfoto bersama di halaman depan sekolah Notre Dame Grand Wisata setelah selesai berkeliling kebun.

Suasana upacara Pembukaan MOPD 2019/2020 – Arsip Sekolah Notre Dame

Lalu usai berfoto bersama, kami istirahat untuk makan dilanjutkan dengan menulis agenda di kelas masing-masing. Pukul 09.30 siswa/siswa kembali berbaris di lapangan melakukan kegiatan ice breaking singkat dan bersiap untuk pulang.

Kegiatan siswa membut lambang ND – Arsip Sekolah Notre Dame

Di hari terakhir MOPD, kami mempunyai kegiatan yang lebih meriah dan berbeda yaitu membuat lambang ND dengan cara berbaris bersama-sama di lapangan sekolah. Lambang ND yang terbentuk sangat rapih dan memuaskan. Seluruh siswa/siswi dan para guru merasa senang. Setelah itu, siswa/siswi kembali ke kelas untuk makan dan menulis agenda. Menjelang pulang, kami semua berkumpul kembali di lapangan untuk menutup acara MOPD 2019/2020. Anak-anakpun sangat senang bisa mengenal lingkungan sekolah dan teman-teman yang baru.

( Oleh: Sr. M. Paulina – Moderator Sekolah Notre Dame Grand Wisata- 2019 )

Artikel ini terbit di Majalah Notre Dame Edisi ke 27.

Bagikan Halaman Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •