Hari Senin,12 Agustus 2019 ada pelatihan evakuasi gempa dari unit TK – SMA, seluruh guru dan karyawan lapangan, khususnya para guru TK  telah mempersiapkan apa yang akan dilakukan agar kegiatan pelatihan gempa mulai dari sirine tanda bunyi terjadinya gempa terlaksana dengan baik. Sebelum pelatihan gempa guru – guru sudah menjelaskan kepada anak – anak supaya tidak panik saat terjadi gempa, anak – anak berlindung di bawah meja.  

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Tepat pukul 08.30 WIB, saat anak – anak masih belajar, pengumuman latihan evakuasi dibacakan di setiap unit. Petugas Unit TK Notre Dame  yang membacakan pengumuman Ibu Oche bagian Admisi TK bersamaan sirine dibunyikan. Suasana kelas anak –anak ada yang langsung berlindung di bawah meja, ada yang masih bingung harus kemana, ada juga yang masih santai dan asyik bermain dengan teman – teman dan ada pula yang ketakutan,menangis karena belum pernah berlatih evakuasi. Guru melatih untuk berlindung di bawah meja bagi anak – anak yang belum mengerti dengan mengajaknya. Guru memberitahu agar anak – anak selama 30 detik berlindung di bawah meja dengan tujuan agar anak aman selama terjadi gempa.

Setelah 30 detik guru dan anak –anak keluar dari ruang kelas berjalan cepat, tidak berlari mengikuti tanda jalur evakuasi yang telah ditentukan menuju titik kumpul di lapangan A Notre Dame Jakarta. Anak – anak diingatkan oleh guru kelas saat berjalan ke titik kumpul tidak bercanda, tidak mendorong teman, tidak sambil berbicara dengan teman. Dan disarankan untuk tidak mampir kemana- mana, baik itu toilet dan yang lainnya.

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Semua anak didampingi guru kelas berkumpul di lapangan A dekat rumah biara bersama unit SD dan SMP. Anak – anak berkumpul kemudian berbaris sesuai dengan kelasnya, kemudian guru kelas menghitung jumlah peserta didik, apabila peserta didik sudah lengkap semua, guru kelas memberitahukan kepada Kepala unit. Kemudian peserta didik didampingi guru kelas kembali ke ruang kelas, berbaris dengan rapi.   Tujuan diadakan pelatihan evakuasi ini agar apabila terjadi gempa, anak – anak TK Notre Dame sejak dini sudah siap apa yang harus dilakukan dan membiasakan dirinya untuk tidak panik, dan terlebih anak -anak bisa menyelamatkan dirinya sendiri dari reruntuhan dimanapun kejadian gempa terjadi. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi anak – anak. Tuhan Yesus Memberkati…

( Oleh: Yulita Wuryani S.Pd , Kepala Sekolah TK Notre Dame – 2019 )

Bagikan Halaman Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •