Hari ini hari Kamis, 11 Juli 2019 hari pertama anak – anak belajar tanpa mama dan papa. Mulai hari Senin sampai hari Rabu anak – anak masih boleh di tunggui di dalam kelas. Hari Kamis anak – anak mulai lepas dari orangtua dan belajar bersama guru wali kelasnya.

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Apa yang terjadi saat anak – anak harus berpisah dengan orangtua hari pertama ditinggal? Tentunya banyak reaksi dan aksi yang terjadi. seperti: ada anak yang sudah berani mengikuti kegiatan belajar dengan penuh percaya diri, berani masuk kelas sendiri dari batas pengantar anak kemudian memberi salam dengan guru piket, ada yang lari sambil menangis mencari mama dan papanya, dan ada yang cukup menangis dipangku oleh guru. Ini semua terjadi disaat anak – anak masa orientasi, dimana anak belajar menyesuaikan dengan lingkungan sekolah. Semoga orangtua tetap tega melepas putera – puterinya supaya cepat mengenal para guru TK Notre Dame yang ke depannya selalu dihati anak –anak.

Dampak positif adanya MOM ( Masa Orientasi Murid ) banyak anak yang sudah berani dan mandiri. Karena anak – anak sudah lebih dulu mengenal guru- guru dan lingkungan sebelum tahun ajaran baru mulai. Jadi mereka sudah tidak asing lagi, Meski masih ada yang menangis belum merasa nyaman di sekolah, terlebih anak – anak KBB.

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Seminggu sudah anak – anak belajar. Hari Jumat, 12 Juli 2019 merupakan hari terakhir anak – anak lepas dari orang tua. Ibu guru mempunyai sesuatu untuk anak –anak, karena semua sudah hebat, berani, mandiri, dan air mata sedikit berkurang bagi anak yang masih sedih. Sesuatunya adalah benda berwarna biru untuk diberikan kepada anak –anak sebagai tanda kasih dan apresiasi kepada anak – anak. Semua anak dari KBB – TK B mendapat hadiah balon berlogo I LOVE ND. Mereka dengan penuh suka cita membawa balon berwarna biru sambil berbaris pulang dan ingin segera ditunjukkan kepada mama dan papanya. Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih Bapak/ Ibu guru, dan terima kasih mama-papa, anak –anak semua mendapat pembelajaran berpisah dengan mama dan papa tanpa menangis.

Tuhan Yesus memberkati.

( Yohanna Waryanti S.Pd – Guru TK Notre Dame )

Bagikan Halaman Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •