Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Hari Jumat pagi, 03 Mei 2019 anak-anak TK B sudah berkumpul di Lobby TK Notre Dame. Anak-anak mengenakan kaos biru berbaris dengan rapi sesuai dengan kelompoknya. Ini merupakan hari yang berbeda dari hari biasanya di TK Notre Dame. Anak-anak terlihat sangat riang dan ceria karena ingin segera mengikuti kegiatan Rekoleksi Tahunan. Para guru dan anak-anak bersiap menuju Hall Notre Dame untuk segera memulai kegiatan yang sudah dinanti-nanti ini.

Kegiatan rekoleksi ini dimulai dengan doa pembukaan oleh Suster Clasrissa. Doa pembuka memang selalu hadir dalam setiap kegiatan Notre Dame agar kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Hari ini TK Notre Dame kedatangan tamu yang membuat berambah antusias pagi itu. Tamu yang hadir ada Kak Tedjo, Kak Juli, dan Kak Carlos untuk menyemarakkan Rekoleksi kali ini. Kak Tedjo dan kawan-kawan memberi sambutan dan perkenalan yang cukup membuat anak-anak semakin hidup dalam kegiatan pagi itu. Anak-anak diberikan arahan terkait permainan yang dilaksanakan dalam rekoleksi ini. Ada dua sesi yang akan dilakukan dalam rekoleksi kali ini, yaitu sesi OUTDOOR dan INDOOR activity.

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Dalam sesi outdoor, anak-anak diajak untuk menyelesaikan berbagai misi yang terdiri atas 4 pos. Masing-masing pos didatangi oleh 2 kelompok. Pos 1 didatangi oleh kelompok 1 dan 5, pos 2 di datangi oleh kelompok 2 dan 6, pos 3 didatangi oleh kelompok 3 dan 7, dan pos 4 didatangi oleh kelompok 4 dan 8. Pos pertama anak-anak diminta untuk megumpulkan belbagai biji yang tersebar di playground, pos kedua anak-anak bermain flying Carpet, pos ketiga anak-anak diajak untuk melakukan lempar bola, sedangkan pos keempat anak-anak diminta untuk menyusun gelas atau disebut dengan piramida gelas. Pada kegiatan ini anak-anak sangat senang dan antusias dalam melaksanakannya.

Ilustrasi: Arsip Sekolah Notre Dame

Setelah sesi pertama selesai anak-anak mengkuti sesi indoor. Dalam sesi ini anak-anak menonton panggung boneka yang dibawakan oleh tiga narasumber yang membawakan rekoleksi pada hari itu. Mereka membawakan cerita tentang kelinci, monyet, dan katak yang bertema tolong menolong. Panggung boneka ini diharapkan menjadi media bagi anak-anak untuk meneladani citra Yesus sebagai sahabat anak-anak. Cerita ini disesuaikan dengan tema rekoleksi kali ini agar anak-anak menyadari dan mengalami Yesus sebagai sahabat hidup. Setelah refleksi, anak-anak juga diminta membuat mahkota sebagai simbol menerima kehadiran Yesus sebagai sahabat.

Kegiatan rekoleksi ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di TK Notre Dame. Rekoleksi hadir sebagai bagian dari program Notre Dame untuk mengenal Tuhan lebih dekat.

(Ms. Hotmian Simalongo & Maria Octaviani Eka D. S.Pd. – Guru TK Notre Dame)

Bagikan Halaman Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •